25 Mei 2013

SETTING KARBURATOR PWL28 (NINJA) PADA BYSON

SALAM....

berawal dari ketidak puasan tunggangan saya si kebo.. yang karbu ori nya karbu vakum.. pengin ganti karbu model skep tapi bingung mau pake karbu model yang mn,,, ahihihih...
pertaman saya coba pakai karbu KING ori 2nd.. sudah saya bawa kebengkel langganan saya, di setting sedemikian rupa sampe beberapa hari hasilnya kurang maksimal, terus saya pindah ke bengkel lain.. ternyata sama saja hasilnya, tapi disitulah saya dapat pencerahan, kata montir bengkelnya ''mas, mending beli kabru yang baru ya meskipun KW 2, dari pada kaya gini ori tapi second susah di setting''... saya berpikir apa iya.. kan itu karbu ori pasti lebih bagus dari pada yg KW.. setelah itu saya sharing dengan teman club saya alias BYONIC PURBALINGGA.. memang benar apa yang dikatakan montir bengkel tadi... terus cari info kesana kemari... saya memutuskan untuk beli karbu, ya meskipun KW 2 tapi masih bisa terjangkau yaitu pakai:

karbu PWL 28 milik ninja, setelah terpasang kemudian diseting, ternyata masih terlalu boros bensinnya. karena PJ n MJ bawaan karbunya terlalu besar yaitu PJ 45 n MJ 142.. kemudian pakai repair kit punya GL PRO PJ 40 n MJ 98,, enk si dipakai buat jalan,, tapi masih agak mbrebet.. ah... kurang apa lagi nih..

kemudian saya bawa ke bengkel langganan saya yang satunya lagi, terus di seting pakai repair kit milik TIGER PJ 32 n MJ 122.. masih saja kurang pas..

akhirnya di temukan settingan yang nyaman.. yaitu:
PJ pakai GL PRO = PJ 40
MJ pakai TIGER = MJ 122
terus jaru skep pake GL PRO yang sedikit di amplas bagian bawahnya, kemudian posisi nya urutan ke 2 dari atas..

akhirnya jadi, meskipun BUSI, CDI, KOIL masih pake yg standar tapi lumayan lah biar ga terlalu lemot banget meskipun kepentok limiter bawaan byson..

demikian certinya... semoga bisa berrmanfaat...

salah serudukkkk... R016P BYONIC PURBALINGGA...

35 komentar:

  1. lumayan... hehhehe

    BalasHapus
  2. Gan , ini udh fix ya ... Pj Gl pro 40 , Mj Tiger 122 , Jamrum skep GL . pasti ga akan Brebet tarikan bawah tengah atas , Btw thxsy info nyA

    BalasHapus
  3. BoLeh d coba tuh. .
    PWL gw masih pakai PJ 38 MJ 120 tarikan mantap tp masih brebet. .

    BalasHapus
  4. Bagi info n minta info jg gan..
    Kmaren ane cb pake skep+pj+mj bawaan pe28 kw2,alhasil mtor jd enteng+ borosnya minta ampun..
    Trus ane bw k bengkel tmn ane..trus pikir dipikir, coba dicoba,,beli segala parkit, akhirnya mentok hasil akhir pake skep punya tiger,pj-nya pake punya mio,,mj bawaan tp agak lumayan..tarikan jd enteng..gak mbrebet,nggak ngempos,,bensinnya yaaa,,lumAyan sieh..kira2 1:30 laahh..
    Tp ane ngrasa masih ada yg kurang nieh..
    Gak bs pake filter,,kalo pake tarikan atasnya terasa mbtebet/ngap(kurang angin)..jd ane ga pake deh..
    N satu lg ,,kayaknya masih kepentok yg namanya limit tuh..
    Ini ceritaku..tolong masukannya dong gan..thanks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti CDI dengan BRT DUAL BAND, Busy Denso Iridium IU24A, membran Vaccum dekat komstir ada selang cabang 3 selang dari arah fiter udara membran dilepas biar flow O2/udara dari filter ke manifold sesudah karbu flownya lancar. Karbu pake King Ori 2004 baru +- 550 rb. Tambah pakai capasitor XCSR Hurricane . Ini sudah saya aplikasi di Byson item saya.

      Hapus
    2. Bro pwl 28 ane jarum skepnya gk bisa di buka

      Hapus
    3. Bro pwl 28 ane jarum skepnya gk bisa di buka

      Hapus
  5. Kalo misalkan jarum skeep'y ga perlu pake GL pro gimana? Jadi yang d ganti cuma PJ sma MJ

    BalasHapus
  6. Kalau byson nya udh pake knalpot racing settingan nya jadi brp tuh pj and mj nya ?

    BalasHapus
  7. kalo uda spek 200 cc cdi rextor berapa kah ya pj mj nya gan?? hehehe salam sruduk

    BalasHapus
  8. byson 2011 ane spek 200cc kawahara, cdi brt dualband kurva 2. porting polish. pake pe28 kw, PJ 40 MJ 115. pake filter racing. ngacir gila.

    waktu msh pake karbu vakum, PJ 15 MJ 115. itu aja udah gampang ngebabat tiger utk trek pendek. konsumsi bensin skitar 1 liter / 38 km.

    skrg lbh edan lagi. konsumsi bensin blm diitung.

    BalasHapus
  9. Oke bro, pengen aku ganti tp ge luru seg pas
    nek kui nggonmu pernah trobel apa gitu gak bro?

    Sruuuddduuukkkk
    Toffy AA030, Byonic Wonosobo

    BalasHapus
  10. baru sempet nongol nih, hehehe...
    ane sekarang dah ganti PWK28 sunworld... hehe

    waktu pake PWL si ga ada masalah.. cuma ya maklum karbu KW. usia pemakaiannya ga tahan lama.

    BalasHapus
  11. @all... thanks untuk saran dan informasinya..

    BalasHapus
  12. monggo yang punya pengalaman tentang bysonya bisa di ceritakan di sini. mulai modif, aksesoris, oprek mesin, dll...

    semoga menambah manfaan ilmu danpersaudaraan

    BalasHapus
  13. Gan ane pake karbu king, intake nya udh di potong,pake PJ n MJ brp ya?

    BalasHapus
  14. Pnya ane udah pke pe26 ehh pke knalpot racing malah brebeut

    BalasHapus
  15. Setting karbu lagi aja om. Trs biasanya tutup lubang ais.

    BalasHapus
  16. minta saran dong mas broo.. kebo q pake karbu stndrt up grade pj 17,5 mj 115 kardus filter nya tak lubangi.. putaran bawah sih enak.. tpi utk atas nya kok kurang nggreget ya..

    BalasHapus
  17. kalau ganti karbu bagaimana dengan cdi standartnya yang terhubung dengan tps, mesin susah nyala dan mbrebet di rpm bawah - tengah, mohon saran , salam sruduk..

    BalasHapus
  18. @robert ; udah ganti cd kah? Ato mungkin tinggal seting final gear..

    @aan: kebanyakan yg sudah pasang karbu aftermarket. Kabel tps nya ga kepasang. Kl susah nyala / brebet ada beberapa kemungkinan termasuk karbu nya.

    BalasHapus
  19. Maaf mas bro sekalian.. jarang online..
    Untuk sekedar sharing bisa invite pin ane 7d252689.. maklum ane juga newbi..

    BalasHapus
  20. Udah ganti pe28,CDI masih standar,TPS nya gmna mas?
    Ada pengaruh gk mas?

    BalasHapus
  21. Gan mhon pncerahannya, byson ane udah pakek seher tiger standart, knalpot tirev repro,cdi brt, koil kawahara pkek cincin 9 power, karbu pwl28 (gag tw ori pa gag) repair kit gl pro neo. Mslhnya gni gan, dpkek jalan stabil di rpm bwah dredet2 gan, mhon bantuan solusinya gan.....

    BalasHapus
  22. Kebo ane paket bore up kawahara 200cc, cdi brt dual band (racing).. Noken dimodifikasi, magnet dan flywheel di balancing ulang, karbu Kawahara PWK28, knalpot Akrapovic, ganti packing, linner pake punya diesel.. Busi pake punya standar FU.. (jgn iridium)... Hasil napas panjang bgt... Accelerasi menghentak... Ane 66kg, boncengin adikku 47kg, dpat top speed 131kpj... Itupun masih bisa naik lg... Korek aman buat harian...

    BalasHapus
  23. Piston tiger-cdi brt-knalpot yoshimura kw-koil kawahara-karbu pe28-filter ori ferrox-gear 14 42
    Sangat nyaman,akselerasi joss,top speed 130 kpj

    BalasHapus
  24. Byson ane msh brebett pake pe 28 pj 38 mj 112 bantu pencwrahan dong para suhu...

    BalasHapus
  25. Byson ane msh brebett pake pe 28 pj 38 mj 112 bantu pencwrahan dong para suhu...

    BalasHapus
  26. gan,, ane pke pe23 kw'an. jarum skep bawaan pe28, pj ganti punya'a byson (ntah nmr brp tu..?) mj bawaan pe28.. tarikan bawah brebeet... mohon pencerahan'a.
    tx

    BalasHapus
  27. maksud'a karbu pe28, bkn pe23 hehehe

    BalasHapus
  28. Saya pakai pe28 pj mj bawaan, sama bengkelnta ada yg di ganjal pakek tembaga di bagian mj, rpm rendah bersin2 rpm tinggi aman speed mantab kuenceng, manifol pendekdan mesin standart top speed 130kpj.

    Kira2 yg bikin batuk2 itu kurang setting apanya ya?

    BalasHapus
  29. Gan byson ane pke karbu king pj/mj bawaan. Putaran bawah sih enak tapi di putaran atas tersendat sendat ngok. Itu gimana ya gan

    BalasHapus

silahkan berkomentar